RSUD KUALA KURUN MENDAPATKAN PIAGAM PENGHARGAAN PERINGKAT 1 (SATU) SEBAGAI PENGELOLA SDMK TAHUN 2019

Kuala Kurun – Sumber Daya Manusia Kesehatan adalah tenaga kesehatan (termasuk tenaga kesehatan strategis) dan tenaga  pendukung/ penunjang kesehatan yang terlibat dan bekerja serta mengabdikan dirinya dalam upaya kesehatan dan manajemen kesehatan. Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan/atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dr. SUYUTI SYAMSUL, MPPM mengatakan fasilitas kesehatan seperti puskesmas, RSUD dan Dinas Kesehatan harus selalu memperbaharui data dan sumber daya manusia kesehatannya, Menurutnya, data SDMK ini harus diperbaharui setiap ada perubahan SDMK atau dilakukan satu bulan sekali. Pengelolaan SDMK yang belum optimal khususnya ketersediaan, penyebaran dan kualitas SDNK di fasilitas pelayanan kesehatan menjadi salah satu kendala atau permasalahan yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan.

Menurut dia, kurangnya tenaga kesehatan, baik dari segi jumlah, jenis dan distribusinya, menimbulkan dampak terhadap rendahnya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan berkualitas. Tantangan SDMK saat ini dan kedepan adalah sebaran penempatan serta peningkatan kualitas SDM.

“Untuk itu, diperlukan perencanaan saat melakukan penyusunan SDMK dalam upaya penetapan jenis, jumlah, kualifikasi dan distribusi tenaga kesehatan sesuai dengan kebutuhan pembangunan kesehatan,” jelas beliau disela-sela Pertemuan Koordinasi Program Pengembangan SDM Kesehatan di Palangka Raya pada tanggal 11 s.d 13 Maret 2020.

Selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah beliau juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi kepada Pengelola Dinas kesehatan kab/kota dan Rumah Sakit atas Pengelolaan Data Tenaga Kesehatan, Kelengkapan Data Tenaga Kesehatan, serta Penyampaian Data RENBUT dan SISDMK dalam Aplikasi Online.

Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Kurun mendapat Piagam Penghargaan Sebagai Peringkat 1 (satu) sebagai Pengelola Sumber Daya Manusia Kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 yang diterima langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha RSUD Kuala Kurun bersamaan dengan Dinas Kabupaten/Kota/RS yang lainnya.

(pembuatnaskah : Epoivandi)