Sejarah

Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Kurun terletak di Jln. Ahmad Yani No. 43 Kuala Kurun, dengan luas 26.721 M2 berdasarkan sertifikat Tanda Bukti Hak Pakai Nomor 031, Tanggal 16 Februari 2008. Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Kurun pertama kali dibangun pada tahun 1982 berupa sebuah bangunan dengan konstruksi kayu sebagai Poliklinik.

Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Kurun pertama kali beroperasi pada tanggal 19 September 1986, dengan fasilitas 2 (dua) buah bangunan berupa 1 (satu) buah bangunan poliklinik dan 1 (satu) buah bangunan ruang rawat inap.

Pada tahun 1999 kegiatan pembangunan ruang kebidanan, tahun 2003 rehab bangunan rawat inap (bangsal), tahun 2004 pembuatan selasar depan ruang kebidanan sampai kamar jenazah dan gudang dan rehab bangunan Poliklinik.

Pada tahun 2005 pembangunan UGD, tahun 2006 dilakukan beberapa pembangunan yaitu 1 buah rumah dinas dokter, tahun 2006 rehab bangunan radiologi dan tahun 2008 pembangunan UTD, tahun 2012 rehab bangunan UGD, tahun 2012 pembangunan Poliklinik, tahun 2013 pembangunan HCU, tahun 2014 pembangunan bangunan gedung nusa indah (pembangunan gedung kelas 3), tahun 2015 pembangunan gedung bangunan rumah genset, tahun 2015 pembangunan instalasi pengelolaan sampah organik (alat incenelator), tahun 2015 perencanaan instalasi listrik.

Seiring Perkembangan di Kabupaten Gunung Mas yang terbuka bagi investor khususnya perkebunan dan pertambangan, secara otomatis mobilisasi penduduk pun semakin meningkat. Umumnya masyarakat sebelumnya adalah pekerja pada perusahaan yang jumlahnya semakin menurun, berganti keperkebunan dan sektor lain yang lebih menjanjikan. Dengan adanya pembukaan perkebunan yang cukup pesat diiringi dengan perkembangan masyarakat pekerja dan roda ekonomi pada sektor lain juga ikut bergerak, termasuk bidang kesehatan.

Hal ini sangat menguntungkan khususnya bagi Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Kurun karena masyarakat umum dan masyarakat pekerja merupakan aset yang sangat menguntungkan sebagai pengguna jasa.

Pada Tahun 2013 dengan berdasarkan Peraturan Bupati Gunung Mas Nomor 475 Tahun 2013 tentang Penetapan Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Kurun Sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) penuh diberikan kewenangan dalam Pengelolaan Keuangan dimana Rumah Sakit sebagai Unit Layanan Publik dituntut untuk dapat memberikan Pelayanan secara Profesional, Fleksibel, Efisien dan Efektif agar dapat memberikan Pelayanan Prima kepada Masyarakat.

Dimulai pada Tahun 2015 Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Kurun melakukan survey akreditasi rumah sakit. Akreditasi rumah sakit adalah pengakuan terhadap rumah sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri kesehatan, setelah dinilai bahwa rumah sakit itu memenuhi standar pelayanan rumah sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara berkesinambungan (Permenkes No.12 tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit). rumah sakit umum daerah kuala kurun dinyatakan telah memenuhi standar pelayanan sesuai dengan sertifikat dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Nomor : KARS-SERT/240/XII/2016, tanggal 1 Desember 2016  dinyatakan LULUS Tingkat PERDANA.